Tips

5 Tips Jitu Mengirim Email untuk Melamar Pekerjaan

Zahrah Thaybah M 27 Mei 2021 | 11:25:05

zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona! Apa kabar? Kali ini Mimin akan membagikan tips menarik bagaimana cara mengirim email untuk melamar pekerjaan. Pemanfaatan kemajuan teknologi bisa kita rasakan di seluruh aspek kehidupan, salah satunya adalah bidang pekerjaan.

Mengirim lamaran pekerjaan via email terbilang mudah dan praktis, karena kita tidak perlu datang langsung ke perusahaan atau membutuhkan banyak waktu. Akan tetapi, ada beberapa hal yang harus tetap kalian perhatikan agar email lamaran pekerjaan tepat dan sesuai. Oleh karena itu, yuk langsung saja simak ulasannya!

Baca Juga: Kalian Mahasiswa Fresh Graduate? Ini Rahasia Melamar Kerja Idaman HRD

Gunakan Subjek atau Judul

Ilustrasi email (Foto: Tech Advisor)

Tips mengirim email untuk lamaran adalah jangan lupa mencantumkan subjek atau judul. Tujuannya agar perusahaan memahami garis besar email yang Sobat Zona kirimkan. Selain itu, juga sebagai bentuk sopan santun pelamar kepada korporasi. Apabila tidak mencantumkan subjek sama saja tidak profesional.

Isi Body Email

Ilustrasi email (Foto: GMass)

Banyak kita jumpai orang yang masih kebingungan menuliskan body email untuk melamar pekerjaan. Caranya adalah memperkenalkan diri terlebih dahulu, supaya perusahaan bisa lebih mudah mengenali Sobat Zona dengan baik. Kemudian, sertakan juga tujuan mengirim email tersebut, posisi yang kalian lamar, dan kelebihan yang dimiliki.

Gunakan Tata Bahasa yang Baik dan Benar

llustrasi email (Foto: Vulcan Post)

Selanjutnya, gunakanlah bahasa yang baik dan benar saat mengirim email lamaran pekerjaan. Jangan menggunakan bahasa gaul atau informan layaknya berkomunikasi dengan teman sebaya, keluarga, dan lain sebagainya. Perhatikan juga tanda baca, ketepatan ejaan, dan penggunaan huruf kapital.

Sebab, gaya penulisan kita mencerminkan bagaimana kepribadian yang sebenarnya. Perusahaan akan langsung menolak Sobat Zoan apabila tidak pandai bertutur kaat yang baik serta dianggap tidak profesional.

Baca Juga: Cara Mudah Membuat CV hanya Dalam Waktu Singkat!

Tidak Menggunakan Carbon Copy Berlebihan

Ilustrasi email (Foto: Hot Liputan6)

Mungkin sebagian dari kalian masih bingung apa sih carbon copy (CC) itu? Biasanya digunakan untuk mengirimkan salinan email kepada orang yang terlibat, tetapi bukan si penerima utama. Tujuannya untuk memberitahu bahwa ada yang menerima email yang sama.

Oleh karena itu, perhatikan baik-baik dalam menggunakan CC. Karena, bisa saja mereka merasa risih dengan email tersebut sehingga bisa termasuk dalam kategori spam. Selain itu, ada beberapa pekerjaan yang tidak perlu banyak pihak yang mengetahuinya.

Waktu Pengiriman Email

Ilustrasi email (Foto: Trending Publik)

Dan tips yang terakhir yakni, perhatikan waktu saat mengirimkan email lamaran pekerjaan. Usahakan pada saat hari dan jam kerja, ya. Jangan mengirimkan terlalu lagi atau terlalu malam. Karena, sebagai tanda bahwa Sobat Zona merupakan sosok yang profesional serta bersungguh-sungguh.

5 Tips Jitu Mengirim Email untuk Melamar Pekerjaan

Itulah ulasan mengenai 5 tips mengirim email untuk melamar pekerjaan.

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti update informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan dengan mengaktifkan notifikasi website zonamahasiswa.id. Sampai jumpa!

Baca Juga: 5 Tips Jitu Jadi Freelancer untuk Fresh Graduate

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150