Tips

5 Cara Melamar Pekerjaan yang Baik, Jangan Disepelekan ya!

Zahrah Thaybah M 18 September 2021 | 08:45:55

zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Apa kabar fresh graduate? Semoga selalu bahagia ya. Oh iya, kebetulan banget Mimin mau membahas seputar dunia kerja. Mungkin kalian lagi bertanya-tanya gimana tips biar cepat diterima kerja, tips wawancara bersama HRD, dan cara melamar pekerjaan yang baik seperti apa.

Walaupun kelihatannya sepele, melamar pekerjaan nggak semudah ekspektasi selama ini lho. Sebab, ada beberapa cara yang harus kalian lakukan supaya lamaran yang kalian ajukan bisa diterima oleh pihak perusahaan. Oleh karena itu, yuk simak ulasannya and happy reading!

Baca Juga: Mahasiswa Butuh Tempat Magang? Ini 12 Website Magang Terpercaya

Gunakan Format PDF

Tiga jenis CV yang populer di kalangan pencari kerja
Ilustrasi CV (Foto: Lokadata)

Supaya seluruh dokumen, sepeerti CV, portofolio, dan resume yang kalian cantumkan lebih rapi, ubahlah ke format PDF. Sebab, akan memudahkan tim rekruiter dalam melakukan pengecekan. Kemudian, juga nyaman dilihat karena tata letaknya tidak berantakan.

Jadikan Satu File

Cara menulis CV jika pengalaman kerja tidak berkaitan
Ilustrasi resume (Foto: Beritagar)

Cara melamar kerja yang baik, yaitu dengan menggabungkan seluruh dokumen dalam satu file PDF. Tujuannya untuk semakin memudahkan para rekruiter dalam pemeriksaan kelengkapan berkas. Selain itu, juga terlihat lebih ringkas serta efisien.

Kualitas Isi CV

7 Tips Membuat CV yang Menarik di Mata HRD | KoinWorks
Ilustrasi CV (Foto: Koin Works)

Selanjutnya, bagian yang paling penting adalah kualitas CV. Jangan sampai dokumen utama ini isinya sama sekali nggak berbobot. Karena, bisa menimbulkan keraguan pihak perusahaan terhadap Sobat Zona. Hmm, jangan coba-coba menyepelekannya ya kalau mau tahu bagaimana cara melamar kerja yang baik itu seperti apa.

Selain itu, CV merupakan dokumen yang berfungsi layaknya cermin. Sehingga, mereka akan mengetahui bagaimana latar belakang, pendidikan, interest hingga kualitas diri hanya melalui dokumen tersebut. Jadi, berhati-hatilah dalam pembuatannya. Pastikan isinya asli dan nggak ada rekayasa dari kalian.

Baca Juga: Tips Jitu untuk Mahasiswa Fresh Graduate, agar Segera Diterima Kerja

Isi Body Email

5 Cara Memperbaiki Kesalahan Umum saat Mengirim Email Pekerjaan
Ilustrasi kirim body email (Foto: Brilio)

Cara melamar kerja yang baik, tentunya dengan memperhatikan komponen-komponen kecil dalam pengiriman dokumen. Misalnya, memberikan tulisan pada body email.

Mulai dari sekarang, biasakan untuk menuliskan kepada siapa lamaran dikirimkan, dari mana mendapat info pekerjaan, ceritakan alasan mengapa cocok untuk mengisi posisi tersebut, serta sisipkan juga pengalaman kerja Sobat Zona.

Jangan Malas Membaca

5 Tata Cara Mengirimkan Email yang Baik ke Media Halaman all -  Kompasiana.com
Ilustrasi membaca (Foto: Kompasiana)

Seperti yang kita tahu, kebiasaan buruk hampir semua orang adalah malas membaca bentuk informasi apapun. Sehingga, menimbulkan salah paham atau selalu ada saja hal yang luput. Oleh karena itu, pastikan membaca dengan baik seluruh informasi yang Sobat Zona peroleh.

Cermati poin-poin penting dari perusahaan atau HRD, supaya nggak terjadi kesalahan. Setelah itu, jika memiliki pertanyaan atau sesuatu yang masih belum kalian pahami, lebih baik ajukan saja pertanyaan kepada mereka dengan sopan santun.

5 Cara Melamar Pekerjaan yang Baik, Jangan Disepelekan ya!

Itulah ulasan Mimin mengenai cara melamar kerja yang baik bagi para fresh graduate. Tetap semangat!

Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan serta aktifkan notifikasinya ya. Sampai jumpa!

Baca Juga: Untuk Fresh Graduate, Simak 5 Cara Survive Sebelum Dapat Pekerjaan

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150