Berita

Wanita Ini Kasih Tahu Basic Manner yang Bikin Orang Nggak Nyaman

Muhammad Fatich Nur Fadli 09 Juli 2024 | 14:16:54

Zona Mahasiswa - Kita pasti paham lah ya basic manner itu apa. Basic manner itu tentang tata krama/etika/perilaku/sopan santun/norma dasar yang harus diketahui dan dimiliki oleh setiap orang dalam berinteraksi sosial maupun lingkungan.

Baca juga: Seekor Monyet Diselamatkan Petugas Tambang di Kaltim Usai Terjebak di Area Lumpur, Netizen: Stop Rusak Habitat Mereka!

Paling umum yang kita tahu pasti tentang 3 mantra ajaib ini ya apalagi kalau bukan terimakasih, maaf, dan tolong bukan? ya itu sudah pasti semua orang tahu, tapi mirisnya banyak dari kita yang belum mempraktikkannya. 

Karena apa? Karena gengsi, nggak dibiasakan, bahkan parahnya lagi ada yang ngerasa bahwa dirinya sudah merasa "dewasa".

Pentingnya Mempraktikkan Basic Manner dalam Kehidupan Sehari-hari

Basic manner atau tata krama dasar adalah elemen penting yang harus dimiliki oleh setiap orang dalam berinteraksi sosial maupun lingkungan. Meskipun konsepnya sederhana dan mungkin sudah kita ketahui sejak kecil, banyak dari kita yang sering lupa atau bahkan mengabaikan penerapannya. Tiga kata ajaib yang sering kita dengar adalah "terima kasih," "maaf," dan "tolong." Kata-kata ini bukan hanya sekadar ucapan, tetapi juga mencerminkan penghargaan dan rasa hormat kepada orang lain.

1. Terima Kasih

Mengucapkan "terima kasih" adalah salah satu bentuk penghargaan paling sederhana namun sangat berarti. Ini menunjukkan bahwa kita menghargai bantuan atau kebaikan yang diberikan orang lain. Mengucapkan "terima kasih" tidak hanya membuat orang lain merasa dihargai, tetapi juga membangun hubungan yang lebih baik.

Namun, dalam praktiknya, banyak dari kita yang sering lupa mengucapkan terima kasih. Alasannya bisa bermacam-macam, mulai dari merasa gengsi hingga tidak terbiasa. Padahal, kebiasaan sederhana ini bisa membawa dampak positif yang besar dalam kehidupan sehari-hari.

2. Maaf

Mengatakan "maaf" adalah tanda bahwa kita mengakui kesalahan dan bersedia memperbaiki diri. Ini adalah langkah penting dalam membangun dan menjaga hubungan baik dengan orang lain. Mengakui kesalahan dan meminta maaf membutuhkan keberanian dan kerendahan hati.

Namun, banyak orang merasa sulit untuk mengatakan maaf karena gengsi atau merasa tidak pernah salah. Hal ini bisa merusak hubungan dan menciptakan jarak antara kita dan orang lain. Oleh karena itu, penting untuk membiasakan diri mengucapkan maaf saat kita melakukan kesalahan, sekecil apa pun itu.

3. Tolong

Mengucapkan "tolong" saat meminta bantuan adalah bentuk penghormatan kepada orang lain. Ini menunjukkan bahwa kita tidak menganggap remeh bantuan yang diberikan orang lain dan menghargai usaha mereka. Kata "tolong" juga membantu menciptakan suasana yang lebih ramah dan kooperatif.

Seringkali, kita lupa mengucapkan "tolong" karena merasa bahwa permintaan kita adalah hal kecil atau sepele. Padahal, mengucapkan "tolong" dapat membuat orang lain merasa lebih dihargai dan bersedia membantu dengan lebih ikhlas.

Basic Manner yang Bikin Orang Nggak Nyaman

Selain tiga hal dasar yang sudah dijelaskan di atas, basic manner yang harus kamu ketahui nggak hanya cukup itu. Dengan menghindari perilaku yang tidak sopan seperti makan mengecap, jalan menyeret kaki, menanyakan gaji orang, memotong antrian, ngobrol kencang di transportasi umum, menyuruh teman untuk traktir, membatalkan janji, menunda bayar hutang, dan membuka chat atau galeri orang lain, kita bisa membangun hubungan yang lebih baik dan meningkatkan kualitas hidup bersama

1. Makan dengan Mengecap

Makan dengan mengecap adalah kebiasaan yang kurang sopan dan bisa mengganggu orang di sekitar. Suara mengecap dapat mengalihkan perhatian dan membuat orang merasa tidak nyaman. Selain itu, makan dengan cara ini menunjukkan kurangnya penghargaan terhadap orang lain yang sedang makan bersama.

Biasakan untuk makan dengan mulut tertutup dan hindari membuat suara yang mengganggu. Ini menunjukkan bahwa kamu menghargai orang lain dan menjaga suasana makan tetap nyaman.

2. Jalan Menyeret Kaki

Jalan menyeret kaki bukan hanya terdengar tidak menyenangkan, tetapi juga bisa memberi kesan bahwa kamu malas atau tidak peduli. Suara langkah yang diseret bisa mengganggu orang di sekitar, terutama di tempat umum.

Latih diri untuk berjalan dengan langkah yang teratur dan angkat kaki saat melangkah. Ini akan membuatmu terlihat lebih rapi dan bersemangat.

3. Menanyakan Gaji Orang

Menanyakan gaji atau pendapatan seseorang dianggap sebagai tindakan yang sangat pribadi dan tidak sopan. Ini bisa membuat orang merasa tidak nyaman atau terpojok.

Hindari topik yang terlalu pribadi dalam percakapan, terutama yang berkaitan dengan uang atau pendapatan. Fokus pada topik yang lebih umum dan menyenangkan.

4. Memotong Antrian

Memotong antrian adalah tindakan yang tidak adil dan bisa memicu kemarahan orang lain. Semua orang dalam antrian memiliki hak yang sama dan harus diperlakukan dengan adil.

Selalu antri dengan tertib dan hormati giliran orang lain. Ini menunjukkan bahwa kamu menghargai waktu dan usaha orang lain.

5. Ngobrol Kencang di Transportasi Umum

Berbicara dengan suara keras di transportasi umum dapat mengganggu penumpang lain yang mungkin ingin beristirahat atau fokus pada hal lain. Ini juga menunjukkan kurangnya rasa hormat terhadap orang di sekitar.

Bicaralah dengan suara yang lembut dan hindari pembicaraan yang terlalu keras. Jika memungkinkan, gunakan earphone untuk panggilan telepon agar tidak mengganggu orang lain.

6. Menyuruh Teman untuk Traktir

Meminta teman untuk mentraktir secara terus-menerus bisa dianggap sebagai tindakan yang tidak sopan dan bisa membuat teman merasa dimanfaatkan. Ini menunjukkan kurangnya kemandirian dan penghargaan terhadap teman.

Sesekali, tawarkan diri untuk membayar atau bagi biaya dengan adil. Ini menunjukkan bahwa kamu menghargai kebersamaan dan siap untuk berbagi beban.

7. Membatalkan Janji

Membatalkan janji tanpa alasan yang jelas bisa merusak kepercayaan dan hubungan dengan orang lain. Ini menunjukkan bahwa kamu tidak menghargai waktu dan komitmen orang lain.

Usahakan untuk selalu menepati janji. Jika memang harus membatalkan, beri tahu secepat mungkin dan berikan alasan yang jelas.

8. Menunda Bayar Hutang

Menunda pembayaran hutang tanpa komunikasi yang jelas bisa merusak kepercayaan dan hubungan baik. Ini menunjukkan bahwa kamu tidak bertanggung jawab atas komitmen finansialmu.

Selalu bayar hutang tepat waktu atau komunikasikan jika ada kendala. Tunjukkan bahwa kamu bertanggung jawab dan menghargai kepercayaan orang lain.

9. Membuka Chat atau Galeri Orang Lain

Membuka chat atau galeri orang lain tanpa izin adalah pelanggaran privasi yang serius. Ini menunjukkan bahwa kamu tidak menghargai batasan pribadi orang lain.

Selalu minta izin sebelum memeriksa perangkat orang lain. Hormati privasi mereka seperti kamu ingin privasimu dihormati.

Kenapa Basic Manner Sering Diabaikan?

Ada beberapa alasan mengapa basic manner sering diabaikan dalam kehidupan sehari-hari:

1. Gengsi: Banyak orang merasa bahwa mengucapkan kata-kata seperti "terima kasih," "maaf," dan "tolong" membuat mereka terlihat lemah atau kurang berwibawa.

2. Tidak Dibiasakan: Kebiasaan baik ini harus ditanamkan sejak kecil oleh orang tua dan lingkungan sekitar. Jika tidak, akan sulit bagi seseorang untuk menerapkannya di kemudian hari.

3. Merasa Dewasa: Beberapa orang merasa bahwa karena mereka sudah dewasa, mereka tidak perlu lagi mempraktikkan tata krama dasar ini. Mereka menganggap bahwa etika hanya untuk anak-anak.

Pentingnya Membiasakan Basic Manner

Membiasakan diri untuk selalu mengucapkan "terima kasih," "maaf," dan "tolong" tidak hanya membawa manfaat bagi diri kita sendiri tetapi juga bagi orang-orang di sekitar kita. Berikut beberapa manfaat dari mempraktikkan basic manner:

1. Meningkatkan Hubungan Sosial: Dengan mempraktikkan tata krama dasar, kita dapat membangun hubungan yang lebih baik dan lebih harmonis dengan orang lain.

2. Membangun Reputasi yang Baik: Orang yang sopan dan menghargai orang lain cenderung memiliki reputasi yang baik di mata masyarakat.

3. Menciptakan Lingkungan yang Positif: Lingkungan yang dipenuhi dengan rasa saling menghargai dan menghormati akan menjadi tempat yang lebih nyaman dan menyenangkan untuk ditinggali.

4. Meningkatkan Kualitas Hidup: Ketika kita mempraktikkan tata krama dasar, kita akan merasa lebih bahagia dan puas dengan diri sendiri dan hubungan kita dengan orang lain.

Basic manner atau tata krama dasar adalah fondasi penting dalam interaksi sosial dan lingkungan, kebiasaan sederhana ini yang bisa membawa dampak positif besar dalam kehidupan sehari-hari. 

Wanita Ini Kasih Tahu Basic Manner yang Bikin Orang Nggak Nyaman

Meskipun sering diabaikan karena berbagai alasan seperti gengsi, tidak dibiasakan, atau merasa sudah dewasa, penting bagi kita untuk selalu mempraktikkannya. Dengan demikian, kita bisa menciptakan hubungan yang lebih baik, lingkungan yang lebih positif, dan meningkatkan kualitas hidup kita secara keseluruhan.

Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti berita seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan, serta aktifkan selalu notifikasinya.

Baca juga: Mahasiswi ITB Ini Perlu Satu Semester Buat Bikin Animasi dari Tanah Liat, Hasilnya Keren Banget!

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150