zonamahasiswa.id - Halo Sobat Zona, kali ini mimin akan ngebahas soal tips & trik tersembunyi di Microsoft Excel. Bagi setiap orang yang berurusan dengan administrasi, Microsoft Excel adalah 'senjata' yang wajib dikuasai.
Baca juga: Mahasiswa Harus Tahu! Perhatikan Hal Ini Biar Tampilan LinkedIn kamu Lebih Profesional
Meskipun sering dianggap rumit, Microsoft Excel memungkinkan pengguna untuk bekerja dengan lebih mudah dan cepat. Namun, kemungkinan besar banyak pengguna yang tidak mengetahui trik-trik tersembunyi di Microsoft Excel untuk mengubah spreadsheet sederhana.
1. Baris baru dalam satu sel
Dikutip dari Interesting Engineering, terkadang sebuah teks mungkin perlu dilanjutkan ke baris berikutnya. Jika kamu pernah mencoba melakukan hal ini, ketika menekan enter, Excel akan membacanya saat berpindah ke sel berikutnya dan menyisipkan teks berikut di sana.
Namun, kamu mungkin tidak tahu bahwa sebenarnya kamu bisa menekan ALT + Enter untuk menambahkan baris teks baru ke sel yang sama.
2. Perhitungan cepat
Sebagian besar dari kita mungkin pernah mengalami masalah saat membutuhkan jumlah dari dua sel yang berbeda, tetapi tidak ingin repot-repot menulis rumus baru di sel lainnya. Untuk melakukan ini, klik sel pertama, lalu tahan CTRL sambil mengklik sel berikutnya. Jumlah dari kedua sel ini akan secara otomatis muncul di bilah status di bawah ini.
Kamu juga bisa mengklik kanan dan menemukan fungsi lainnya seperti rata-rata (AVG) dan Minimum (MIN).
3. Membekukan panel
Apabila kamu bekerja dengan spreadsheet data yang besar, sering kali sulit untuk menginterpretasikannya jika tidak ada baris header yang menampilkan informasi penting. Daripada menggeser kembali ke atas atau ke samping setiap kali diperlukan informasi, bisa menggunakan fungsi freeze panel untuk mengunci baris dan kolom.
Fitur ini terletak di menu "View > Window > Freeze Panes", kemudian kamu bisa memilih baris atau kolom yang ingin kamu bekukan. Ini hanya berfungsi pada baris atau kolom pertama dari lembar Excel, jadi pastikan kamu memiliki data yang diperlukan di sana.
4. Membuat rumus lebih mudah dipahami
Jika spreadsheet kamu memiliki banyak formula atau bahkan hanya beberapa formula yang rumit, maka akan sangat membingungkan.
Untuk memperjelasnya, kamu bisa memberikan nama seperti 'Nomor Referensi' atau 'Koefisien' pada sel atau grup sel, dan menggunakan nama-nama tersebut dalam formula. Untuk melakukannya, pilih sel yang ingin kamu beri nama dan masuk ke "Formula > Define Name".
Selanjutnya, kamu bisa memasukkan nama yang kamu inginkan dan klik oke, tapi jangan gunakan angka. Jika kamu menamai cell tersebut 'Reference Number', untuk menggunakannya dalam formula, cukup ketik "=Reference Number*A2" atau variasi lainnya.
5. Trik klik dua kali
Excel memiliki banyak fitur bawaan yang dioperasikan melalui klik dua kali pada area tertentu. Jika kamu mengklik dua kali pada pembatas kolom di bagian atas, maka secara otomatis akan menyesuaikan ukuran kolom agar sesuai dengan data.
Jika ingin menuju ke sel terakhir dalam kolom atau baris, cukup klik dua kali pada batas sel dari sel pertama dalam baris atau kolom. Ini akan secara otomatis membuat kamu langsung melompat ke sel terakhir dalam deret tersebut.
Jika kamu memiliki deret data yang secara otomatis bertambah atau berkurang dengan suatu pola, kamu tidak perlu memasukkan setiap nilai secara manual. Cukup ketik 2 sel, lalu pilih dan klik dua kali di sudut bawah ketika ikon plus muncul.
Hal ini akan secara otomatis mengisi data ke dalam setiap kotak yang memiliki data di sebelahnya.
Jangan Sampai Kamu Nggak Tahu! Ini Dia 5 Tips & Trik Tersembunyi di Microsoft Excel
Itulah ulasan mengenai tips & trik tersembunyi di Microsoft Excel yang mana setiap orang yang berurusan dengan administrasi, Microsoft Excel adalah 'senjata' yang wajib dikuasai.
Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti berita seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan, serta aktifkan selalu notifikasinya.
Baca juga: Kesulitan Buat Nulis Skripsi Pakai Bahasa Inggris? Mudah Banget Ini Tipsnya!
Komentar
0