Tips

Fresh Graduate Harus Tahu! Begini Cara Meyakinkan kalau Kamu Dapat Bekerja dengan Baik saat Interview

Muhammad Fatich Nur Fadli 18 Juni 2024 | 11:46:22

Zona Mahasiswa - Dalam mencari pekerjaan, ada berbagai tahapan yang harus dilalui, salah satunya adalah proses rekrutmen atau lamaran kerja. Perusahaan menggunakan berbagai metode untuk menyaring calon karyawan guna menemukan kandidat terbaik, salah satunya melalui wawancara kerja. 

Baca juga: Yang Baru Mulai Skripsian Harus Tahu! Tips Menulis Pendahuluan Bab 1

Wawancara kerja bukanlah hal yang mudah dan memerlukan persiapan yang matang. Kegagalan dalam wawancara sering kali disebabkan oleh sikap atau perilaku yang kurang tepat di hadapan Human Resource Development (HRD). 

Untuk menghindari kegagalan tersebut dan mempersiapkan diri dengan baik, ada baiknya kamu memahami terlebih dahulu apa itu wawancara kerja, tujuan dari wawancara, dan bagaimana cara melakukan wawancara yang baik. 

Dengan pengetahuan tersebut, kamu bisa menghadapi wawancara dengan tenang dan percaya diri. Berikut adalah beberapa sikap yang perlu kamu perhatikan saat menjalani wawancara kerja.

Untuk hasil lebih baik, kamu bisa mengikuti tips interview kerja berikut ini!

Tentu! Berikut adalah beberapa tips untuk wawancara kerja yang bisa membantu kamu sukses:

Tips Wawancara Kerja

1. Tepat Waktu

   - Offline: Usahakan tiba di lokasi wawancara 15 menit lebih awal untuk menunjukkan kedisiplinan dan antusiasme kamu. Cek lokasi sehari sebelumnya untuk menghindari tersesat.

   - Online: Pastikan kamu siap masuk ke ruang virtual beberapa menit sebelum waktu yang dijadwalkan. Kenali platform yang akan digunakan untuk menghindari masalah teknis.

2. Berpakaian Rapi dan Profesional

   - Pilih pakaian yang sesuai dengan budaya perusahaan, biasanya pakaian formal atau semi-formal. Penampilan yang rapi mencerminkan keseriusan dan profesionalisme kamu.

3. Persiapan dan Penelitian

   - Cari tahu tentang perusahaan dan posisi yang kamu lamar. Pahami visi, misi, dan nilai-nilai perusahaan. Persiapkan jawaban untuk pertanyaan umum seperti “Ceritakan tentang diri kamu” dan “Mengapa kamu tertarik dengan posisi ini?”.

4. Membawa Dokumen yang Diperlukan

   - Bawa salinan CV, portofolio, dan dokumen pendukung lainnya. Siapkan juga catatan kecil yang berisi poin-poin penting yang ingin kamu sampaikan.

5. Komunikasi yang Baik

   - Jawab pertanyaan dengan jelas dan lugas. Gunakan bahasa tubuh yang positif, seperti kontak mata yang cukup, senyuman, dan posisi duduk yang tegak.

6. Dengarkan dengan Seksama

   - Dengarkan pertanyaan dengan baik sebelum menjawab. Jika tidak paham, jangan ragu untuk meminta klarifikasi.

7. Tunjukkan Antusiasme

   - Tunjukkan minat kamu pada perusahaan dan posisi yang dilamar. Ceritakan pengalaman dan keterampilan yang relevan dengan posisi tersebut.

8. Siapkan Pertanyaan

   - Siapkan beberapa pertanyaan untuk pewawancara. Ini menunjukkan bahwa kamu tertarik dan sudah melakukan penelitian tentang perusahaan.

9. Jaga Etika

   - Jangan berbicara negatif tentang pekerjaan atau atasan sebelumnya. Tetaplah profesional dalam setiap jawaban.

10. Follow Up

    - Setelah wawancara, kirimkan email terima kasih kepada pewawancara sebagai tanda penghargaan atas kesempatan yang diberikan. Ini juga menunjukkan etika dan kesopanan kamu.

Fresh Graduate Harus Tahu! Begini Cara Meyakinkan kalau Kamu Dapat Bekerja dengan Baik saat Interview

Dengan mempersiapkan diri dan mengikuti tips-tips ini, kamu bisa meningkatkan peluang untuk sukses dalam wawancara kerja. 

Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti berita seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan, serta aktifkan selalu notifikasinya.

Baca juga: Jangan Sampai Salah Langkah! Begini Cara Ganti Referensi Jurnal Lama ke Jurnal Baru

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150