zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Ada banyak hal yang harus dipelajari oleh para fresh graduate sebelum berkarier. Nggak melulu tentang nilai dan kemampuan diri sendiri lho. Karena, ada sesuatu yang paling penting, yakni profesionalisme dalam dunia kerja.
Kalau kalian memilikinya, sudah Mimin pastikan bakal menjadi pribadi yang lebih bertanggung jawab dan bisa untuk bekal ke jenjang karier terbaik. Mau tahu caranya? Yuk, simak ulasan berikut ini ya!
Baca Juga: 5 Tips Jitu Membuat Profil LinkedIn Menarik bagi Pelajar dan Mahasiswa
Kompetensi
Menjadi seorang karyawan yang kompeten di dunia kerja mendatangkan banyak sekali keuntunga. Misalnya, membantu membangun personal branding dan meningkatkan profesionalitas, agar aura positif Sobat Zona dirasakan oleh rekan-rekan lainnya.
Untuk meningkatkan kompetensi diri, nggak harus punya pengetahuan seluas samudera lho. Tapi, cukup kuasai bidang serta keahlian pekerjaan kalian. Hal tersebut lebih dari cukup sebagai cara untuk menjadi pribadi yang kompeten. Lalu, jangan lupa selalu mencari tahu sesuatu baru ya.
Sistematis
For you information, keteraturan dalam bekerja akan membawa kita mencapai tujuan dengan lebih mudah. Alasannya, karena sudah terbiasa untuk disiplin dan memanajemen waktu, sehingga mau nggak mau ya bersikap profesional. Kemudian, juga bisa mencapai target yang diharapkan.
Sobat Zona menjadi handal, tangkas, mampu membentuk suatu sistem secara utuh, menyeluruh, terpadu, menjelaskan rangkaian sebab akibat menyangkut objeknya. Tentu saja akan sangat membantu meningkatkan keprofesionalitasan di tempat kerja.
Dedikasi dan Integritas
Seseorang bisa dikatakan profesional dalam bekerja kalau ia memiliki dedikasi dan integritas yang tinggi. Memiliki dedikasi yang tinggi pada pekerjaanmu memang membutuhkan satu tekad yang kuat. Caranya, cintai pekerjaan dan lakukan dengan rasa bangga. Sehingga, seiring berjalannya waktu akan bermuara pada integritas diri sendiri.
Baca Juga: 7 Cara Ampuh Mengatasi Burnout Selama WFH, Jangan Disepelekan ya!
Kerjasama Tim
Selanjutnya, kerjasama tim atau teamwork menjadi indikator profesionalitas individu. Sobat Zona akan berhadapan dengan banyak orang dengan kepribadian bermacam-maam. Di sanalah kemampuan berkomunikasi, problem solving, tanggung jawab, dan manajemen bisa dilihat.
Manfaat bergabung dengan tim adalah mampu memperbanyak ide dan menyalurkan aspirasi satu sama lain melalui diskusi. Sehingga, akan menambah wawasan serta pengetahuan tentang berbagai hal yang belum diketahui sebelumnya. Selain itu, lebih mudah untuk bergaul dan membentuk relasi.
Tentukan Batasan
Saat memasuki lingkungan kerja, kalian harus bisa memisahkan masalah pribadi dan profesional. Maksudnya, jangan mencampur adukkan perasaan ke setiap tindakan saat bekerja. Contohnya, saat berkomunikasi dengan mereka sebaiknya bisa menempatkan diri sebagaimana mestinya.
Lalu, sebisa mungkin nggak mengganggu pekerjaan mereka, biarkan fokus terhadap tugas masing-masing. Karena, kalau tidak maka tingkat profesionalitas kalian menurun.
Dear Milenial, Inilah 5 Cara Meningkatkan Profesionalitas di Dunia Kerja
Itulah ulasan Mimin mengenai cara meningkatkan profesionalitas dalam dunia kerja bagi para fresh graduate. Teap semangat dan terus berjuang ya!
Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan serta aktifkan notifikasinya ya. Sampai jumpa!
Baca Juga: Penting! 5 Cara Meningkatkan Kualitas Diri demi Mencapai Kesuksesan
Komentar
0