Tips

Cara Bikin Daftar Riwayat Hidup Buat Lamaran Kerja

Zahrah Thaybah M 24 Mei 2022 | 14:54:58

zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Sudah lama banget Mimin nggak ngebahas serba-serbi jadi fresh graduate. Setelah lulus kuliah kita akan dihadapkan dengan masa meniti karier yang cukup merepotkan. Mengirim surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan, menyiapkan dokumen penting, dan lainnya. 

Akan tetapi, nggak semudah itu ternyata. Kalian harus melewati tahap seleksi administrasi dan perekrut akan melihat kelengkapan dan ketepatan berkasmu. Lalu, yang paling sering dilihat adalah daftar riwayat hidup. 

Maka dari itu, biar nggak bingung dan salah simak cara bikin daftar riwayat hidup berikut ini yuk!

Baca Juga: Untuk Fresh Graduate, Simak 5 Tips Agar Lamaran Kerja Diterima

Struktur Daftar Riwayat Hidup

Berikut struktur yang ada pada daftar riwayat hidup:

  1. Berisi identitas diri meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, usia, foto, serta lainnya.
  2. Pendidikan terakhir (bisa juga hanya mencantumkan 2 pendidikan terakhir).
  3. Pengalaman pekerjaan.
  4. Pengalaman organisasi (jika dirasa perlu).
  5. Keahlian dan minat.

Oh iya, semua bagian di atas harus diuraikan secara ringkas dan jelas. Sebab, pihak rekruter nggak punya banyak waktu untuk membaca seluruh informasi di dokumenmu.

Nah, biar nggak bingung gimana formatnya, Mimin spill di bawah ini.

Daftar Riwayat Hidup

Saya yang bertanda tangan di bawah ini:

  • Nama: Ahmad Syaputra
  • Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 1 Agustus 1992
  • Jenis Kelamin: Laki-Laki
  • Status: Belum Kawin
  • Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000
  • Kewarganegaraan: Indonesia Agama: Islam Nomor Handphone: 0811 2233 4455
  • Email: [email protected]

PENDIDIKAN FORMAL

1998 – 2004 : SD Al Washliyah 19 Jakarta

2004 – 2007 : SMP Negeri 1 Jakarta

2007 – 2010 : SMA Pelita Harapan

2010 – 2014 : Universitas Indonesia (Ekonomi)

PENGALAMAN ORGANISASI

Anggota badan eksekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2010 – 2014.

KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN

  • Mampu mengoperasikan komputer dan Microsoft Office.
  • Menguasai penggunaan tools dan aplikasi media sosial.
  • Memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
  • Mempunyai jiwa kepemimpinan (leadership), mampu memecahkan masalah (problem solving), dan bisa bekerja sama dalam tim (teamwork).

                                                                                                                                                                                                                      Hormat Saya

                                                                                                                                                                                                                      Ahmad Syaputra                                                                        

Cara Bikin Daftar Riwayat Hidup Buat Lamaran Kerja

Itulah ulasan Mimin mengenai cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja.

Untuk tetap update mengenai informasi menarik seputar dunia perkuliahan dan mahasiswa, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi postingan website Zona Mahasiswa, ya!

Baca Juga: Jangan Sampai Salah, Inilah Cara Membuat Surat Lamaran Kerja dengan Template yang Benar, HRD Benci 10 Kata Ini

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150