zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Sudah lama banget Mimin nggak ngebahas serba-serbi jadi fresh graduate. Setelah lulus kuliah kita akan dihadapkan dengan masa meniti karier yang cukup merepotkan. Mengirim surat lamaran kerja ke berbagai perusahaan, menyiapkan dokumen penting, dan lainnya.
Akan tetapi, nggak semudah itu ternyata. Kalian harus melewati tahap seleksi administrasi dan perekrut akan melihat kelengkapan dan ketepatan berkasmu. Lalu, yang paling sering dilihat adalah daftar riwayat hidup.
Maka dari itu, biar nggak bingung dan salah simak cara bikin daftar riwayat hidup berikut ini yuk!
Baca Juga: Untuk Fresh Graduate, Simak 5 Tips Agar Lamaran Kerja Diterima
Struktur Daftar Riwayat Hidup
Berikut struktur yang ada pada daftar riwayat hidup:
- Berisi identitas diri meliputi nama, alamat, tempat dan tanggal lahir, usia, foto, serta lainnya.
- Pendidikan terakhir (bisa juga hanya mencantumkan 2 pendidikan terakhir).
- Pengalaman pekerjaan.
- Pengalaman organisasi (jika dirasa perlu).
- Keahlian dan minat.
Oh iya, semua bagian di atas harus diuraikan secara ringkas dan jelas. Sebab, pihak rekruter nggak punya banyak waktu untuk membaca seluruh informasi di dokumenmu.
Nah, biar nggak bingung gimana formatnya, Mimin spill di bawah ini.
Daftar Riwayat Hidup
Saya yang bertanda tangan di bawah ini:
- Nama: Ahmad Syaputra
- Tempat Tanggal Lahir: Jakarta, 1 Agustus 1992
- Jenis Kelamin: Laki-Laki
- Status: Belum Kawin
- Alamat: Jl. Merdeka No 14 Kel. Pancoran Kec. Medan Barat Jakarta Barat 5000
- Kewarganegaraan: Indonesia Agama: Islam Nomor Handphone: 0811 2233 4455
- Email: ahmadsyaputra@gmail.com
PENDIDIKAN FORMAL
1998 – 2004 : SD Al Washliyah 19 Jakarta
2004 – 2007 : SMP Negeri 1 Jakarta
2007 – 2010 : SMA Pelita Harapan
2010 – 2014 : Universitas Indonesia (Ekonomi)
PENGALAMAN ORGANISASI
Anggota badan eksekutif mahasiswa (BEM) di Universitas Indonesia dari tahun 2010 – 2014.
KEMAMPUAN DAN KETERAMPILAN
- Mampu mengoperasikan komputer dan Microsoft Office.
- Menguasai penggunaan tools dan aplikasi media sosial.
- Memiliki kemampuan dalam berbahasa Inggris secara lisan dan tulisan.
- Mempunyai jiwa kepemimpinan (leadership), mampu memecahkan masalah (problem solving), dan bisa bekerja sama dalam tim (teamwork).
Hormat Saya
Ahmad Syaputra
Cara Bikin Daftar Riwayat Hidup Buat Lamaran Kerja
Itulah ulasan Mimin mengenai cara membuat daftar riwayat hidup untuk melamar kerja.
Untuk tetap update mengenai informasi menarik seputar dunia perkuliahan dan mahasiswa, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi postingan website zonamahasiswa.id, ya!
Komentar
0