zonamahasiswa.id – Halo, Sobat Zona! Apa kabar? Seperti biasa Mimin akan membagikan informasi menarik, yaitu 5 tips agar lamaran kerja diterima. Wah, sebagai fresh graduate yang minim pengalaman kerja dan belum tahu office life wajib baca nih.
Karena, tantangan dari para fresh graduate adalah bagaimana agar lamaran kerja tersebut diterima oleh perusahaan. Oleh karena itu, yuk simak ulasan berikut and happy reading!
Baca Juga: Simak 7 Tips Jitu Cepat Lulus Kuliah
Sesuaikan dengan Kemampuan
Tips yang pertama, yaitu sesuaikan dengan kemampuan Sobat Zona. Jangan memaksakan diri melamar pekerjaan yang tidak sesuai dengan keahlian Sobat Zona.
Kemudian, sebelum benar-benar mengirimkan berkas lamaran kerja pastikan lagi kualifikasinya memang cocok dengan kalian dan tidak akan memberatkan hingga kedepannya.
Bekali dengan Skill yang Mumpuni
Tips yang kedua, yaitu bekali diri dengan skill yang mumpuni. Untuk melamar pekerjaan, IPK saja tidak cukup, harus diimbangi dengan hard skill dan soft skill yang unggul juga. Karena, saat kita memasuki dunia kerja akan berhadapan dengan berbagai macam problematika.
Dari situlah perusahaan menilai soft skill kita, mulai dari leadership, kecakapan, tanggung jawab, problem solving dan lain sebagainya. Hard Skill yang bisa Sobat Zona asah sebagai bekal memasuki dunia kerja, antara lain desain grafis, video editing, menulis, dan digital marketing.
Ketika kalian mampu menguasainya, otomatis akan memperoleh nilai plus dan perusahaan tentu saja mempertimbangkan kalian untuk menjadi karyawannya.
Pastikan CV Lengkap dan Menarik
Tips ketiga agar lamaran kerja diterima, yaitu pastikan CV yang kalian buat lengkap dan menarik. Tak hanya desain CV yang menarik, tapi kualifikasi diri kalian pun juga harus mumpuni.
Sajikan CV dengan apa adanya, lengkap, dan detail, sehingga tidak membingungkan pihak HRD yang merekrut Sobat Zona. Pengalaman yang kalian miliki juga menjadi nilai tambah dan jangan lupa untuk mencantumkan portofolio serta sertifikat yang sesuai dengan kualifikasi. Â
Baca Juga: Mahasiswa Wajib Tahu, Inilah 5 Tips Mencari Kerja Setelah Lulus Kuliah
Membangun Branding dari Media Sosial
Tips keempat agar lamaran kerja Sobat Zona diterima, yaitu membangun branding dari media sosial. Zaman sekarang, perusahaan-perusahaan juga mempertimbangkan calon karyawannya melalui personal branding media sosial, misalnya LinkedIn.
Selain itu, mereka juga akan mencari tahu melalui jejak digital bagaimana attitude dan image kalian. Jadi, harus hati-hati dan bijak dalam bermedia sosial, agar tidak merugikan diri sendiri. Apalagi, jika Sobat Zona merupakan influencer atau sosok yang cukup berpengaruh dalam media sosial, maka citra kalian akan naik di mata perusahaan. Sebab, tandanya kalian memiliki image yang baik.
Memiliki Kemampuan Bahasa Asing yang Baik
Tips yang terakhir agar lamaran kerja kalian diterima, yaitu memiliki kemampuan bahasa asing yang baik. Hal ini karena perusahaan-perusahaan besar menjalin kerjasama dengan para investor asing, sehingga mereka membutuhkan kalian untuk itu.
Bahasa asing yang perlu kalian kuasai, yakni bahasa Inggris, Mandarin, Perancis, dan Jerman. Ketika kalian mencantumkan kemampuan bahasa asing tersebut ke dalam CV, maka akan mendapatkan nilai plus dan peluang diterima pun besar.
Untuk Fresh Graduate, Simak 5 Tips Agar Lamaran Kerja Diterima
Itulah ulasan mengenai 5 tips agar lamaran kerja diterima. Selamat mencoba dan semangat!
Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti update informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan dengan mengaktifkan notifikasi website zonamahasiswa.id. Sampai jumpa!
Baca Juga: Untuk Mahasiswa, Ikuti 5 Tips Ini Agar Kuliah Makin Bersemangat
Komentar
0