Tips

Mau Tau Cara Cepat Menyusun Makalah? Simak Kumpulan Tips Berikut Ini!

Tiffany Maulany Putri 08 November 2020 | 07:51:56

zonamahasiswa.id – Halo, Sobat Zona. Bagaimana sih cara menyusun makalah dengan cepat? Makalah adalah hal yang tidak asing bagi mahasiswa. Beberapa mata kuliah pasti akan menghadapi yang namanya makalah sebagai syarat untuk memenuhi tugas agar lulus mata kuliah tersebut.

Nah, mimin yang peka banget sama hal yang berkaitan dengan kali ini akan membahas beberapa tips jitu untuk mempercepat pengerjaan makalahmu. Penasaran apa saja tipsnya? Yuk, check this out!

Baca Juga: Tips Mengerjakan Esai dalam 1 Hari, 99% Kelar!

Cara Menggabungkan File Microsoft Word

Hayoo, siapa yang mau menyusun makalah dari bab per bab masih menggunakan copy paste manual? Udah nggak jaman lagi, guys! Nih, mimin kasih cara cepatnya.

  • Buka Microsoft Word dan buka dokumen pertama dimana dokumen berikutnya akan digabungkan atau ditambahkan.
  • Tempatkan kursor pada akhir dokumen pertama atau pada posisi tertentu  dokumen berikutnya
  • Jika kamu ingin menggabungkan dokumen berikutnya di halaman baru dari dokumen yang pertama, klik tombol Page Break yang ada di tab Insert.
  • Untuk mulai menggabungkan dokumen berikutnya, pastikan kamu masih berada di tab Insert. Pada area sebelah kanan, di kelompok Text, klik segitiga kecil dari tombol Object dan kemudian klik Text from File...
  • Di kotak dialog Insert File yang muncul, pilih dokumen Word yang akan digabungkan ke dokumen pertama dan kemudian klik tombol Insert.
  • Voila! Dokumen kedua telah tergabung ke dokumen pertama! Apabila masih ingin menggabungkan dokumen-dokumen Microsoft Word yang lain, kamu dapat mengulangi langkah-langkah sebelumnya.

Baca Juga: Kumpulan Shortcut Microsoft Word, Buat Ngerjain Skripsi Lebih Cepat!

Cara Membuat Cover dan Kata Pengantar Otomatis

Masih juga menggunakan cara manual untuk memberikan cover dan kata pengantar pada makalah? Simak cara cepat berikut ini!

  • Sorot format cover yang sudah ada, lalu klik kanan dan pilih Copy
  • Klik Insert, lalu klik pilihan Quick Parts. Setelah muncul pilihannya, klik Auto Text.
  • Ketika menunya muncul, klik Save Selection to AutoText Gallery
  • Selanjutnya, akan muncul menu seperti ini. Berikan nama file yang tertera. Jika sudah, klik Ok.
  • Selanjutnya, untuk membuat cover pada makalah selanjutnya, tinggal ketik sesuai nama yang tertera dalam Auto Text tadi + F3 dalam MS Word.
  • Jadi deh, cover otomatis, tidak perlu repot-repot menyusun lagi!

Cara Memberikan Nomor Halaman yang Berbeda

Selanjutnya adalah tips untuk mengatasi keresahan sobat Zona yang masih memisahkan dokumen agar nomer halamannya berbeda. Simak tips untuk membedakan nomor halaman ini!

  • Buka dokumen Microsoft Word, lalu beri nomor pada halaman dengan meng-klik Insert-Page Number atau Insert-Header/Footer.
  • Setelah nomor halaman muncul, klik opsi Page Layout pada Microsoft Word.
  • Klik Breaks , lalu pilih Next Page pada halaman setelah break, klik dua kali di bagian atas halaman atau header.
  • Bisa juga dengan meng-klik dua kali di bagian bawah halaman atau footer. Terserah di mana ingin menampilkan nomor halaman
  • Setelah itu, akan muncul tab Design
  • Lalu, klik Link To Previous untuk memutuskan sambungan Header dan Footer dari Header atau Footer pada bagian sebelumnya
  • Setelahnya, pada pilihan Header dan Footer, klik Page Number  kemudian pilih lokasinya.
  • Untuk memilih format atau mengontrol nomor awal, dalam grup Header & Footer, pilih Page Number > Format Page Number, lalu klik Format angka untuk memilih format penomoran, seperti a, b, c atau i, ii, iii, kamu bisa menyesuaikan lebih lanjut di dalam kotak.
  • Setelahnya, klik Ok. Maka dokumenmu akan berbeda penomorannya sesuai dengan urutan!

Cara Mengatur Paragraf Agar Lebih Sejajar

Tips selanjutnya adalah agar tampilan paragrafmu lebih sejajar. Cara ini mimin taruh pada akhir ulasan tips ini karena ini adalah cara yang paling simpel, yakni dengan menahan tombol ALT saat kalian akan menyejajarkan paragraf.

Dengan menekan ALT dan menggeser penggaris, maka tata letaknya akan lebih akurat dan tidak berantakan. Berikut adalah perbedaan mengaturnya dengan tidak menekan ALT dan menekannya.

Tidak Menggunakan Alt

Menggunakan Alt

Mau Tau Cara Cepat Menyusun Makalah? Simak Kumpulan Tips Berikut Ini!

Sobat Zona, itulah tadi kumpulan tips yang mempermudah pembuatan makalahmu. Semoga kalian terbantu yaa!

Jangan lupa untuk selalu mantengin Zona Mahasiswa untuk tips menarik lainnya!

Baca Juga: Lupa Menyimpan File Word? Simak Cara Mudah Ini Untuk Mengembalikannya

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150