Tips

Cara Otomatis Bikin Daftar Absensi di Excel, Gampang Banget!

Zahrah Thaybah M 01 Maret 2022 | 09:47:35

zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Apa kabar? Semoga sehat dan bahagia ya. Bytheway, Mimin punya tips buat para calon guru nih. Hampir setiap hari membuat daftar kehadiran peserta didiknya, pasti cukup merepotkan kalau harus mengetik satu per satu secara manual.

Maka dari itu, Mimin akan membagikan cara gampang membuat daftar absensi di Microsoft Excel. Yuk, simak ulasannya berikut ini!

Baca Juga: Cara Mudah Mengisi Sel Kosong Sesuai Sel di Atasnya pada Microsoft Excel

Langkah-Langkah

  • Buka Microsoft Excel dan siapkan daftar nama siswa yang akan dipresensi. Masuk ke menu Data, lalu pilih Data Validation.
Gambar Ms Excel (Foto: Tim Zona Mahasiswa)
  • Untuk kolom Allow pilihlah format List. Sedangkan Source isi sesuai dengan keterangan yang tersedia. Caranya adalah klik Source, kemudian sorot keterangan Hadir, Izin, Sakit, dan Alpa. Nanti akan muncul formula dari kolom tersebut dan klik OK.
Gambar Ms Excel (Foto: Tim Zona Mahasiswa)
  • Nanti akan muncul seperti ini Sobat Zona.
Gambar Ms Excel (Foto: Tim Zona Mahasiswa)
  • Setelah itu, masing-masing sel akan terdapat menu dropdown berisi keterangan yang telah dibuat. Tinggal isi deh sesuai kehadiran siswa.
Gambar Ms Excel (Foto: Tim Zona Mahasiswa)

Cara Otomatis Bikin Daftar Absensi di Excel, Gampang Banget!

Itulah ulasan Mimin mengenai cara cepat untuk membuat daftar absensi siswa di Excel. Cobain yuk.

Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan serta aktifkan notifikasinya ya. Sampai jumpa.

Baca Juga: Cara Jitu Hitung Rata-Rata di Microsoft Excel, Cuma 5 Detik Kelar!

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150