Tips

Update! Kumpulan Tips Excel Agar Terlihat Profesional

Zahrah Thaybah M 10 Agustus 2021 | 11:25:42

zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Apa kabar? Semoga bahagia dan sehat selalu ya. Kali ini Mimin akan membagikan tips Microsoft Excel yang wajib kalian ketahui. Software ini sangat populer, karena mempermudah untuk memproses atau mengolah berbagai macam data. Nggak banyak orang ahli dalam mengoperasikannya, sebab ada banyak rumus serta trik yang harus dikuasai.

Oleh karena itu, Mimin di sini membantu Sobat Zona biar tahu gimana cara menggunakan Microsoft Excel supaya terlihat seperti seorang profesional, walaupun pada kenyatannya nggak pinter-pinter banget hahaha. Ya sudah kalau begitu, yuk langsung aja simak tipsnya.

Baca Juga: Cara Jitu Print Excel yang Rapi dan Mudah

Menampilkan Rumus SpreadSheet

Gambar tampilan Excel (Foto: EasePDF)

SpreadSheet berguna untuk menyimpan, menampilkan, serta mengolah data dalam bentuk baris dan kolom. Ketika orang lain membuat data pada software tersebut, kalian nggak perlu memeriksanya ulang. Cukup periksa rumusnya saja dengan cara klik Formulas > Show Formulas.

Sedangkan, untuk melihat seluruh rumus pada SpreadSheet bisa menggunakan cara klik CTRL + pada keyboard. Lalu, akan memunculkan rumus yang Sobat Zona gunakan dalam buku kerja.

Freeze Baris dan Kolom

Gambar tampilan Excel (Foto: EasePDF)

Saat memiliki banyak data pada Microsoft Excel, lebih baik freeze atau bekukan tabel tersebut sebelum memindahkannya ke SpreadSheet. Caranya, klik View > Freeze Panes untuk membekukan baris dan kolom. Di sana ada beberapa pilihan yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan kalian. Mudah kan?

Menggabungkan Data dari Sel yang Berbeda

Gambar tampilan Excel (Foto: EasePDF)

Siapa yang tahu cara menggabungkan data dari sel yag berbeda? Kalau nggak tahu, sini Mimin kasih caranya. Pertama, ketik "=" dan pilih sel pertama yang ingin digabungkan. Lalu, ketik "&" serta gunakan tanda kutip dengan spasi tertutup. Selanjutnya, pilih sel yang ingin kalian gabungkan dan klik Enter. Nah, sudah jadi deh.

Baca Juga: Rumus-Rumus Microsoft Excel yang Wajib Kalian Kuasai

Menyalin Rumus atau Data antar Lembar Kerja

Gambar tampilan Excel (Foto: EasePDF)

Biasanya kalau mengedit data melalui Microsoft Excel, pasti menggunakan rumus yang sama pada banyak sel. Oleh karena itu, untuk menghemat waktu dan meningkatkan efisiensi kerja, lebih baik gunakan metode penggandaan data atau rumus untuk mendapatkan hasil perhitungan.

Caranya, tahan tombol Ctrl dan klik tab lembar kerja akan ingin disalin. Selanjutnya, klik atau arahkan kursor ke sel sesuai dengan rumus rumus atau data yang diinginkan. Lalu, klik F2 untuk mengaktifkan sel dan Enter guna menyalin data atau formula dengan baik.

Data Isi Otomatis

Gambar tampilan Excel (Foto: EasePDF)

Mungkin kebanyakan orang masih asing atau bahkan nggak tahu fungsi dari Isi Otomatis Excel. Mereka justru menginput data secara manual serta satu persatu, padahal sangat memakan waktu. Oleh karena itu, Mimin akan membagikan tipsnya.

Pertama, masukkan serangkaian duplikat di SpreadSheet, misalnya tanggal. Lalu, arahkan kursor ke bagian kanan bawah sel terakhir di atas kotak yang muncul di setiap kolom. Kemudian, klik serta drag kolom ke bawah. Selanjutnya, Excel akan menebak informasi apa yang ingin diisi secara otomatis.

Update! Kumpulan Tips Excel Agar Terlihat Profesional

Itulah ulasan Mimin mengenai kumpulan tips Microsoft Excel yang bisa kalian praktikkan agar terlihat lebih profesional dan nggak membuang banyak waktu.

Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan serta aktifkan notifikasinya ya. Sampai jumpa!

Baca Juga: Cara Cepat Membuat Tabel di Microsoft Excel

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150