zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Kali ini kita akan membahas seputar Microsoft Word yang merupakan software paling banyak digunakan oleh banyak orang. Karena, memang segala macam aktivitas, baik dalam dunia pekerjaan atau pendidikan hampir tidak bisa terlepas dari salah satu software keluaran Microsoft Office tersebut.
Nah, sekarang Mimin mau tanya sudah pada tahu belum kalau ada banyak tips atau cara untuk semakin mempermudah mengoperasikan Microsoft Word? Tapi, hanya segelintir orang saja yang tahu. Dijamin kalau menggunakannya akan mempercepat pekerjaan serta tugas-tugas kalian. Yuk, simak ulasannya!
Baca Juga: Cara Mudah Menambahkan Tanda Tangan di Microsoft Word Tanpa Aplikasi
Portrait dan Landscape dalam Satu File
Pasti bingung kan gimana sih cara membuat format kertas Portrait dan Landscpae dalam satu file Microsoft Word? Gampang banget, pertama-tama tentukan halaman atau paragraf yang ingin diatur menjadi dua format tersebut.
Lalu, klik Page Layout > Page Setup > Margins > Custom Margins. Kemudian, pilih Portrait atau Landscape. Setelah itu, pada menu Apply to klik Selected Text.
Mengatur Paste untuk Mempermudah Menulis Referensi URL
Kemudian, buat Sobat Zona yang mau menulis referensi URL bisa diatur menggunakan Paste lho. Sehingga, bisa lebih mudah serta efisien dalam mengerjakannya. Caranya, masuk ke menu Word Options > Advanced. Lalu, akan muncul pilihan Cut, Copy, Paste. Kalian tinggal atur saja sesuai keinginan. Simple kan?
Tampilan Dokumen Rapi, Formal, dan Profesional
Tips Microsoft Word yang satu ini berguna banget buat para mahasiswa skripsian. Pasti mau dong kalau file skripsinya rapi, formal, dan kelihatan profesional biar nggak diomelin dospem. Pertama-tama, klik Office > Word Options > Advanced > Layout Options. Lalu, aturlah sesuai dengan kebutuhan Sobat Zona, dijamin bakalan sedap dipandang.
Baca Juga: Simak Cara Mudah Mengedit File PDF di Microsoft Word dan Google Drive
Mengatasi File yang Hilang
Waduh, auto panik kalau sampai tugas yang sudah kita buat berhari-hari sampai rela begadang, justru hilang. Tapi, tenang karena Sobat Zona bisa mengembalikannya seperti semula dengan sangat mudah. Caranya, klik File > Open. Kemudian, pilih file yang rusak dan ambil command Recover Text from Any File dan tunggu prosesnya beberapa saat.
Konsep Mengetik Otomatis
Buat para mahasiswa yang sering berhadapan dengan makalah, skripsi, atau artikel ilmiah biasanya ada format tertentu dalam penulisannya. Kebanyakan sih justru ribet, karena harus mengatur font, header, footer, dan lain sebagainya secara manual.
Tenang, Sobat Zona Mimin akan membagikan cara cepatnya. Pertama-tama, pilih Home > Style > Create New Style untuk menciptakan format penulisan kalian sendiri. Mulai dari paragraf, indent, rata kiri kanan, hingga font bisa bebas diatur juga lho.
Simak! Kumpulan Tips Microsoft Word yang Sangat Berguna dan Jarang Diketahui Banyak Orang
Itulah ulasan mengenai kumpulan tips dan trik Microsoft Word yang bisa kalian terapkan dan berguna sekali dalam mengerjakan tugas dan skripsi.
Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan serta aktifkan notifikasinya ya. Sampai jumpa.
Komentar
0