zonamahasiswa.id – Halo Sobat Zona, menulis laporan sudah sampai pada tahap apa, nih? Harus tetap semangat dong, ya! Khusus untuk kalian yang sudah sampai pada tahap menulis daftar pustaka, pernah ngalamin nggak, sih? Mungkin di antara kalian pernah mengalami sudah nulis daftar pustaka tapi masih belum berurutan? Lalu, bagaimana cara mengurutkan daftar pustaka agarrapi, ya?
Tenang, Mimin punya tipsnya, nih!
Baca Juga: Tips Perbaiki Tabel Word yang Berantakan, Hanya 2 Menit Kelar!
Sebelum Mimin memberi tahu tips mengurutkan daftar pustaka dengan praktis, tahukah kalian bahwa daftar isi adalah daftar yang berisi sumber rujukan dalam melakukan penelitian. Sobat Zona bisa memperoleh daftar pustaka melalui internet, buku, koran, undang-undang, dan masih banyak lagi.
Namun, pernahkah kalian perhatikan setiap daftar pustaka yang ada dalam penelitian atau buku selalu rapi, berurutan, dan langsung mudah ditemukan? Penulisan daftar pustaka yang berurutan akan membantu Sobat Zona dalam merujuk suatu opini atau pendapat dari para ahli tanpa harus kesulitan mencari nama ahli tersebut.
Langkah-Langkah Mengurutkan Daftar Pustaka
Tanpa berlama-lama lagi, Mimin langsung beri tahu tipsnya, nih. Simak yuk!
“Cara mengurutkan daftar pustaka yang cepat bagaimana, Min? Dua hari lagi saya deadline mengumpulkan laporan, nih.†ucap salah satu Sobat Zona.
- Siapkan daftar pustaka/rujukan yang ada di dalam penelitian.
- Seleksi keseluruhan daftar pustaka mulai dari awal hingga akhir. Perhatikan gambar berikut.
- Klik pada menu ‘paragraph’. Lalu, perhatikan simbol huruf A-Z seperti gambar berikut. Klik simbol tersebut.
- Selesai! Daftar pustaka auto urut dan mudah untuk dibaca.
Baca Juga: Cara Menghapus Halaman Kosong di Word, Anti Ribet!
Manfaat Daftar Pustaka
“Memang manfaat daftar pustaka itu apa, Min, kan yang penting tugas sudah selesai dan bisa langsung dikumpulkan?†tanya Sobat Zona yang sedang mengerjakan laporan tugas akhir.
Tentu manfaat daftar pustaka banyak sekali, di antaranya
- salah satu bentuk ucapan terima kasih kepada para ahli yang sudah menyumbangkan idenya;
- sebagai bentuk dukungan kepada penulis;
- sebagai data untuk memastikan kebenaran dari pernyataan yang dipaparkan; serta
- untuk memenuhi etika penulisan.
Bagaimana? Sangat bermanfaat, bukan?
Tips Mengurutkan Daftar Pustaka Anti Ribet, 5 Detik Beres!
Itulah ulasan Mimin mengenai tips mengurutkan daftar pustaka yang sangat mudah. Sobat Zona bisa mempraktikkan agar halaman lain tidak ikut berantakan juga, ya. Semoga memberikan manfaat dan pandangan baru kepada Sobat Zona, ya. Jangan lupa untuk terus mengikuti perkembangan seputar mahasiswa dengan mengaktifkan notifikasi website zonamahasiswa.id. Sampai jumpa!
Baca Juga: Cara Mengatur Spasi dan Paragraf di Word, Cukup 5 Detik!
Komentar
0