zonamahasiswa.id - Mahasiswa pasti sudah tidak asing lagi dengan Mendeley, terutama jika kamu sedang mengerjakan tugas akhir. Aplikasi ini sangat membantu untuk menyusun kutipan dan daftar pustaka. Lalu, bagaimana cara menggunakan Mendeley?
Baca juga: Ini Dia Penyebab Kuota Internet Cepet Habis
Perlu diketahui, Mendeley adalah program yang dikembangkan oleh perusahaan penerbitan Elsevier untuk mengelola makalah dan data penelitian. Biasanya, Mendeley juga digunakan untuk menyusun kutipan dan daftar pustaka pada karya tulis ilmiah, jurnal, dan skripsi.
Terkadang ada mahasiswa yang menulis referensi secara manual. Selain tidak efisien karena memakan banyak waktu, bisa saja terjadi kesalahan dalam penulisan referensi. Oleh karena itu, Mendeley berusaha mengatasi masalah tersebut agar tidak terjadi lagi.
Aplikasi ini sangat membantu mahasiswa dalam menyelesaikan tugas-tugas yang berhubungan dengan karya tulis. Selain karena prosesnya yang mudah dan menghemat waktu, Mendeley juga dapat mencegah terjadinya plagiarisme karya tulis.
Cara menggunakan Mendeley
Sebelum menggunakan Mendeley, kamu harus mengunduh dan memiliki akun terlebih dahulu. Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Unduh aplikasi Mendeley di situs web.
- Daftar akun Mendeley jika belum memiliki atau baru pertama kali menggunakannya.
- Masukkan email dan data pribadi kamu, lalu klik “Daftar”.
- Setelah mendaftar, kamu bisa langsung menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word untuk mempermudah pekerjaan.
Berikut cara menghubungkan Mendeley dengan Microsoft Word
- Buka aplikasi Mendeley.
- Login dengan memasukkan email dan kata sandi.
- Jendela “Welcome” akan muncul di Mendeley.
- Klik “Install MS Word plug in” untuk menghubungkan Mendeley dan Microsoft Word. Pastikan kamu tidak sedang membuka aplikasi Microsoft Word.
- Jika jendela “Welcome” tidak muncul, maka pilihlah “Tools” kemudian lakukan langkah yang sama seperti poin empat.
- Buka Microsoft Word, kemudian klik “References” untuk mengecek apakah ada Mendeley di dalam aplikasi tersebut.
Cara memasukkan data referensi ke dalam Mendeley
Jika Microsoft Word sudah terhubung dengan Mendeley, kamu bisa langsung menggunakannya. Berikut ini cara memasukkan data referensi ke dalam Mendeley:
Kumpulkan jurnal yang kamu gunakan sebagai referensi dalam bentuk PDF.
Buka aplikasi Mendeley.
- Klik “Create Folder”.
- Klik kanan lalu klik “Add Files”.
- Pilih PDF jurnal yang telah dikumpulkan sebelumnya.
- Sinkronkan PDF yang baru Anda masukkan untuk terhubung langsung ke Microsoft Word dengan mengklik “Sinkronisasi” di bawah menu.
- Periksa kembali detail data yang telah disajikan
Selain itu, kamu juga dapat menambahkan referensi secara manual ke Mendeley
Berikut adalah langkah-langkahnya:
- Buka aplikasi Mendeley.
- Klik “File”, lalu “Add Manual Entry”.
- Pilih jenis artikel, yaitu halaman web, lalu isi jenis, judul, penulis, tahun, dan tautan.
- Klik “Save” untuk menyimpan referensi.
- Lakukan sinkronisasi agar referensi yang tersimpan terhubung ke Microsoft Word.
- Klik “References” untuk memasukkan kutipan dan daftar pustaka.
- Klik “Sisipkan Kutipan” untuk kutipan, daftar pustaka untuk daftar pustaka.
- Ubah gaya kutipan dan daftar pustaka sesuai dengan kebutuhan penulisan sesuai dengan kebutuhan.
Udah Mahasiswa Akhir Tapi Belum Tahu Gimana Pakai Mendeley? Ini Caranya!
Itulah ulasan mengenai cara menggunakan mendeley yang bisa kamu terapkan agar tidak bingung dalam mengerjakan tugas maupun skripsi.
Semoga ulasan ini bermanfaat bagi Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti berita seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan, serta aktifkan selalu notifikasinya.
Komentar
0