Tips

Tips Membuat Catatan Otomatis di Google Docs, Sobat Zona Wajib Coba!

Nur Uswatun Khasanah 14 Januari 2021 | 09:54:58

zonamahasiswa.id- Halo, Sobat Zona! Pernah tidak kalian merasa malas untuk mengetik banyak materi saat dosen menjelaskan lewat Zoom ataupun Google Meet? Biasanya yang membuat malas adalah penjelasan yang terlalu cepat, sehingga ketika kita mencatat banyak yang ketinggalan.

Untuk membuat catatan, kini tidak perlu rumit mengetik lagi. Ada cara mudah yang perlu kalian ketahui. Yuk simak tips menarik dari Mimin kali ini ya!

Baca Juga: 5 Rekomendasi Film agar Sobat Zona Semangat Menggapai Mimpi

Langkah-Langkah Membuat Catatan Otomatis

Sobat Zona ketika kita sedang mendengarkan materi seminar atau penjelasan mata kuliah dari dosen, biasanya kita mendapat tugas untuk meresume materi yang telah disampaikan. Biar kalian tidak mengetik banyak materi Mimin bisikin cara mudahnya.

  • Pertama, Sobat Zona masuk ke Search yang ada di komputer kalian, kemudian cari Manage Input Device.
(Foto: Dokumen milik tim Zona Mahasiswa)
  • Selanjutnya, akan muncul Stereo Mix dan ganti pengaturan menjadi Enable Stereo Mix.
(Foto: Dokumen milik tim Zona Mahasiswa)
  • Apabila langkah-langkah tersebut sudah selesai, kalian masuk ke Google dan pilih kotak yang ada di pojok kanan atas. Setelah itu pilih Menu Google Docs.
(Foto: Dokumen milik tim Zona Mahasiswa)
  • Setelah itu klik dan akan langsung masuk ke Google Docs, lalu pilih tanda Plus yang tertera di situ.
(Foto: Dokumen milik tim Zona Mahasiswa)
  • Pilih Tools kemudian tunggu sampai muncul pilihan lalu pilih menu Dikte atau Voice Typing.
(Foto: Dokumen milik tim Zona Mahasiswa)
  • Setelah itu jangan lupa untuk mengganti bahasanya ke dalam Bahasa Indonesia.
(Foto: Dokumen milik tim Zona Mahasiswa)
  • Terakhir masuklah ke Zoom atau Google Meet dan klik simbol mic nya sampai berubah menjadi warna merah. Setiap kata dari orang yang sedang presentasi akan tertulis otomatis.
(Foto: Dokumen milik tim Zona Mahasiswa)

Baca Juga: Inilah Situs Belajar TOEFL yang Paling Recommended untuk Mahasiswa

Tips Membuat Catatan Otomatis di Google Docs, Sobat Zona Wajib Coba!

Sobat Zona, sekian dulu ya tips dari Mimin kali ini, semoga bermanfaat untuk mempermudah tugas kuliah kalian.

Untuk tetap update mengenai informasi menarik seputar dunia perkuliahan dan mahasiswa, jangan lupa untuk mengaktifkan notifikasi postingan website Zona Mahasiswa, ya!

Baca Juga: Simak Cara Daftar KIP Kuliah Tahun 2021, Sobat Zona Wajib Tahu!

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150