Tips

Cara Mudah Membuat Abstrak Karya Ilmiah dengan Baik dan Benar

Zahrah Thaybah M 12 Maret 2021 | 17:22:52

zonamahasiswa.id – Halo, Sobat Zona! Seperti biasa, Mimin akan membagikan informasi menarik, yaitu cara mudah membuat abstrak karya ilmiah dengan baik dan benar. Abstrak merupakan ringkasan dari karya ilmiah, yang bertujuan untuk memudahkan pembaca memahami isinya.

Menulis abstrak juga tidak boleh asal-asalan, tetapi harus tetap memperhatikan struktur penulisan. Oleh karena itu, yuk langsung simak ulasannya and happy reading!

Baca Juga: Rekomendasi 5 Aplikasi untuk Membuat Infografis, 99% Recommended

Fungsi Abstrak

Ilustrasi menulis (Foto: Tirto.ID)

Berikut fungsi abstrak pada karya ilmiah:

  1. Komponen pokok laporan hasil penelitian.
  2. Gambaran umum dari isi laporan.
  3. Sebagai bahan pertimbangan bagi pembaca.

Membuat Abstrak dengan Memahami Unsurnya

Contoh abstrak (Foto: Twitter)

Berikut unsur-unsur dalam membuat abstrak:

  1. Argumentasi yang logis dan diikuti dengan observasi untuk memecahkan sebuah problem.
  2. Metode atau pendekatan untuk memecahkan sebuah masalah.
  3. Hasil yang dicapai dan kesimpulan yang dapat diambil dari karya ilmiah tersebut.
  4. Lalu, unsur yang dibuat dengan sederhana, singkat, padat, dan jelas.

Baca Juga: Untuk Fresh Graduate, Simak 5 Tips Agar Lamaran Kerja Diterima

Membuat Abstrak dengan Memperhatikan Strukturnya

Ilustrasi menulis (Foto: enjiner.com)

Berikut struktur dalam membuat abstrak:

  1. Ketik judul penelitian dengan menggunakan capital font dan size 14, posisi center text dan cetak bold.
  2. Sub judul sama dengan judul, hanya saja size font 12.
  3. Lalu, tulis nama peneliti tanpa menggunakan gelar hanya saja nomor urut dengan superscript posisi center dengan font size 12 dan cetak bold.
  4. Nama jurusan atau program studi peneliti dan alamat institusi posisi center dengan font size 12 dan cetak bold.
  5. Email ketua peneliti saja yang penulisannya dalam posisi center dengan font size 12.
  6. Gunakan huruf kapital pada bagian “ABSTRAK” dan tulis dengan posisi center dan cetak tebal atau bold.
  7. Tulis isi abstrak dengan posisi rata kanan kiri (justify) dengan maksimal 250 kata dan menggunakan font size 12.
  8. Kemudian, tulis kata kunci dengan posisi rata kanan kiri.

Cara Mudah Membuat Abstrak Karya Ilmiah dengan Baik dan Benar

Itulah cara membuat abstrak karya ilmiah dengan baik dan benar. Selamat mencoba!

Semoga ulasan ini bermanfaat untuk Sobat Zona. Jangan lupa untuk terus mengikuti update informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan dengan mengaktifkan notifikasi website Zona Mahasiswa. Sampai jumpa!

Baca Juga: Kata-kata “Ajaib” yang Diucapkan Saat Sidang Skripsi

Share:
Tautan berhasil tersalin

Komentar

0

0/150