zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Tahu nggak sih ternyata selain menggunakan rumus vlookup, masih ada cara lain yang dapat kita gunakan untuk membandingkan data di Excel lho. Cara lain itu ialah menggunakan rumus hlookup.
Fungsi kedua rumus itu dalam Microsoft Excel berguna untuk membaca suatu tabel, lalu mengambil nilai yang akan kita gunakan pada tabel tersebut berdasarkan kunci tertentu. Nah, hlookup sendiri dapat Sobat Zona gunakan untuk sumber data yang tersusun secara horizontal. Berikut adalah cara mudah yang dapat kalian coba. Yuk, simak ulasan Mimin!
Baca Juga: Tips Rencanakan Tujuan Hidup, Biar Gak Nyasar dan Lempeng Gitu Aja
Langkah-Langkah
- Ketik "=HLOOKUP(.
- Klik sel kunci yang akan dijadikan "lookup value", dalam data mimin sel kunci menggunakan kolom GOLONGAN (GOL). Lalu ketikkan semikolon (;) atau koma (,) sehingga menjadi =HLOOKUP(C3, (tergantung dari komputer Sobat Zona).
- Kemudian blok area tabel acuan yang akan dibaca, lalu tekan tombol "F4" pada keyboard, lalu ketikkan lagi semikolon (;) atau koma (,). Misalnya dalam gambar di bawah area tabel acul yang ada dalam sheet 2 dapat SObat ZOna blok dari kolom B3 sampai dengan E4. Kemudian, tekan tombol F4 hingga dalam rumus akan muncul tanda dolar. Dolar sendiri menandakan data tersebut memang sudah absolut.
- Ketikkan nomor baris yang akan dibaca, lalu ketikkan lagi semikolon (;) atau (,).
- Ketikkan "0" atau "FALSE", lalu ketik kurung tutup ")"
- Selesai.
Cara Mudah Gunakan Rumus Hlookup untuk Bandingkan Data di Excel
Itulah ulasan Mimin tentang cara menggunakan rumus hlookup untuk membandingkan data di Excel. Caranya mudah banget kan, yuk segera Sobat Zona coba!
Baca Juga: 6 Tips Jitu Self Acceptance untuk Mahasiswa yang Insecure
Komentar
0