zonamahasiswa.id - Halo, Sobat Zona. Apa kabar? Semoga sehat dan baik-baik saja ya. Oh iya, kali ini Mimin akan membahas tentang Microsoft Excel. Pasti semua sudah pada tahu kan kalau sebagian besar orang menggunakan software tersebut untuk membantu menyelesaikan pekerjaan mereka.
Nah, biar semakin mempermudah dan juga efisien terhadap waktu, harus mengetahui atau menguasai lima fitur Excel yang populer digunakan. Oleh karena itu, yuk simak ulasannya!
Baca Juga: Update! Kumpulan Tips Excel Agar Terlihat Profesional
PivotTable
PivotTable berfungsi untuk menghitung, meringkas, dan menganalisis data yang memungkinkan kalian melihat perbandingan, pola, dan tren dalam data.
Caranya, pilih cell yang diinginkan untuk membuat PivotTable. Kemudian, klik Insert dan pilih PivotTable. Selanjutnya, pada kotak dialog Create PivotTable, klik Select a table or range. Dalam kolom Table/Range, verifikasikan rentang cell yang diinginkan.
Lalu, pada kolom Choose where you want the PivotTable report to be placed, pilih New Worksheet untuk menempatkan PivotTable dalam lembar kerja baru atau yang sudah ada. Setelah itu, pilih lokasi untuk menampilkan PivotTable dan klik OK.
Power Query
Fitur Excel Get & Transform/Power Query berfungsi untuk memperbarui harga saham, FXÂ rates, hasil pertandingan olahraga, data perbangan di bandara, dan lainnya.
Pertama, pilih Power Query atau Data > New Query > From Other Sources > From Web. Kemudian, pada kolom From Web, masukkan URL data yang diinginkan serta info kredensial pengguna jika diperlukan oleh alamat situs web itu dan klik OK.
Selanjutnya, Power Query akan memindai halaman web tersebut secara otomatis dan memuat data di Navigator Panel, yang terletak di bawah Table View.
Lalu, pilih tabel yang ingin kalian koneksikan, dengan cara klik data pada daftar yang muncul di layar. Klik Load dan otomatis data dari situs tadi akan muncul di Spreadsheet.
Charts
Tampilan charts lebih cocok kalian gunakan pada sebuah presentasi atau meeting. Karena, lebih simpel dan juga enak dilihat. Caranya, siapkan data untuk diubah ke dalam bentuk diagram. Lalu, pilih Insert > Recommended Charts. Pada bagian tersebut, pilih tampilan chart yang kalian inginkan dan klik OK.
Tak hanya itu, Sobat Zona juga bisa menambahkan Trendline dengan cara pilih chart yang telah jadi sebelumnya. Klik Design > tambahkan Chart Element. Kemudian, pilih Trendline dan tipe yang diinginkan, seperti misalnya Linear, Exponential, Linear Forecast, atau Moving Average.
Baca Juga: Cara Jitu Print Excel yang Rapi dan Mudah
Freeze Panes
Freeze Panes adalah sebuah fitur yang berfungsi untuk membekukan row atau column dalam sebuah Spreadsheet. Tujuannya, supaya bagian yang dibekukan tersebut dapat terus terlihat, meskipun kalian scroll secara vertikal atau horizontal.
Caranya, pilih row atau culumn mana yang ingin dibekukan. Kemudian, pilih View > Freeze Panes. Kemudian, perhatikan juga bahwa di bawah perintah Freeze Panes, bisa memilih Freeze Top Row dan Freeze First Column.
AutoSum
Selanjutnya, ada fitur yang paling umum digunakan pada Microsoft Excel, yakni untuk menjumlahkan data yang ada di Spreadsheet, seperti hasil penjualan suatu produk.
Caranya pun sangat mudah. Cukup pilih kolom di samping angka yang akan kalian jumlahkan, lalu klik Autosum pada tab Home dan Enter. Tapi, ada cara cepatnya lho. Gunakan shortcut Alt + =.
5 Tips Microsoft Excel yang Mempermudah Pekerjaan Kalian, Wajib Dicoba ya!
Itulah ulasan mengenai tips Microsoft Excel yang sangat memudahkan pekerjaan kalian. Sudah pernah menggunakannya belum?
Semoga ulasan ini bermanfaat. Jangan lupa untuk terus mengikuti informasi seputar mahasiswa dan dunia perkuliahan serta aktifkan notifikasinya ya. Sampai jumpa!
Baca Juga: Rumus-Rumus Microsoft Excel yang Wajib Kalian Kuasai
Komentar
0